Mar 26, 2011

Meta Tag Title Untuk Optimalkan Blog SEO

. Mar 26, 2011 .

Pada postingan kali ini lagi-lagi kita akan mencoba teknik seo on page yang merupakan salah satu faktor penting untuk optimasi seo. Teknik seo yang akan kita gunakan kali ini masih berhubungan dengan meta tag dimana pada postingan sebelumnya kita sudah pernah membahas Memasang Meta Tag Blogger. Namun kali ini kita mengoptimasi meta tag untuk judul artikel. Mengapa kita harus menerapkan teknik seo pada judul artikel ? Karena judul merupakan faktor penentu untuk memperoleh banyak pengunjung, terutama lewat search engine. Penggunaan teknik ini sendiri pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah search engine menemukan artikel kita. Bila judul artikel kita bisa ditemukan search engine dengan mudah, tentunya akan semakin banyak pengunjug yang berkunjung ke blog kita. Manfaat dari penerapan teknik ini memang tidak akan langsung terasa, karena search engine memerlukan waktu untuk menemukan artikel kita.

Secara default setting title blog adalah seperti ini <title><data:blog.pageTitle/></title>. Jika masih menggunakan script default di atas maka pada hasil pencarian yang muncul adalah sebagai berikut.

Pada gambar di atas yang muncul adalah nama blog kemudian baru diikuti dengan judul artikel. Pada umumnya pada saat mencari referensi pengunjung blog  pasti akan mengetikkan keyword yang berhubungan dengan artikel yang sedang mereka cari bukan mengetikkan judul blog terlebih dahulu. Selain itu meskipun artikel kita terindeks oleh robot google pasti artikel kita tidak akan berada di posisi teratas serp karena yang terbaca oleh robot google adalah nama blog terlebih dahulu baru kemudian judul artikel. Sebagai pembanding coba perhatikan gambar berikut.

Pada gambar di atas judul artikel tampil terlebih dahulu baru diikuti judul blog. Dengan demikian artikel kita yang akan terindeks terlebih dahulu sehingga peluang untuk bersaing di posisi teratas serp terbuka lebar. Sekarang yang menjadi pertanyaan bagaimana cara untuk memperoleh hasil seperti pada screenshoot nomer dua. Berikut tutorial selengkapnya.

1. Yang pertama, tentunya log in ke blogger.
2. Pilih rancangan/ design → edit html
3. Cari kode berikut <title><data:blog.pageTitle/></title> (untuk lebih mudahnya, gunakan ctrl+f)
4. Ganti kode tersebut dengan kode berikut ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title> <b:else/><title><data:blog.pageTitle/></title> </b:if>

5. Anda bisa mengganti kode ( | ) sesuai dengan yang anda inginkan. Karena kode tersebut hanya digunakan sebagai pemisah antara judul artikel dan nama blog.
6. Simpan dan selesai.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, untuk melihat hasilnya membutuhkan beberapa hari untuk google mengindeks title tag anda. Sekian postingan saya hari ini semoga bermanfaat. 


Lanjutkan baca yang satu ini Penempatan Terbaik Iklan Google Adsense



Bookmark and Share
Loading

Copyright © 2011 Tips Triks dan Information | Partner Xtreme Template | Beginner Tips | TV Online RI

Selamat Datang di Blog saya, Semoga Tips - Triks dan Informasi yang saya berikan berguna dan bermanfaat untuk Anda semu.